Home Ustadz Kami Dr. Muhamad bin Abdullah Alhadi, MA
Foto_Ustadzah_Muhamad bin Abdullah Alhadi, MA_cariustadz.id

Dr. Muhamad bin Abdullah Alhadi, MA

Tafsir, Hadis, Akhlak/Tasawuf, Pendidikan Islam, Parenting, Kajian Problem Keluarga, Kajian Sihir, Ruqyah


11 orang telah mengontak Ustadz
Telah 646 kali membalas pesan Ummat
Kota Asal: Jakarta

Profil Ustadz

Dr. Muhamad bin Abdullah Alhadi, MA menyelesaikan pendidikan formal jenjang Doktor pada UIN Syarif Hidayatullah bidang Pengkajian Islam Interdisiplin. Pendidikan pengetahuan Islam dasar diperoleh dari ayahanda Sayyid Abdullah, seorang pendidik yang juga penerjemah bahasa Arab. Selain jalur formal, alumnus Ilmu Tafsir pada Institut PTIQ ini juga mengikuti pendidikan agama pada Ma’had al-Risalah, kader dakwah Khairu Ummah, pernah belajar pada Ma’had Lughah. Ia juga sempat talaqqi pada masyaikh Yaman di Pesantren Dar al-Mustafa Tarim di bawah asuhan Sayyidil Habib Umar bin Hafidz pada program Daurah Ilmiyah.

Saat ini aktivitas sehari-hari adalah berdakwah di berbagai pengajian keislaman, berkhidmat pada beberapa majelis taklim, memberikan training dan konsultasi, juga membina komunitas KOGNITIF (Komunitas Guru Kreatif). Di sela-sela rutinitas sebagai Dosen tetap pada Fakultas Syari’ah Institut Pembina Rohani Jakarta (IPRIJA), Peminat kajian peradaban dan kota Islam ini seringkali diundang sebagai narasumber pada berbagai instansi. Biasa melakukan kajian kebijakan dan implementasinya, belakangan banyak meneliti dimensi spirit dalam pembangunan.

Giat menulis pada jurnal ilmiah nasional dan internasional, buku populer, dan bahan ajar baik tercetak, elektronik maupun yang tidak dipublikasikan. Beberapa karya berbentuk buku (versi cetak dan versi e-book) adalah Qiraah Surah Al-Fatihah: Seputar Hukum dan Bacaan; Terbaik dari Yang Terbaik: Dari Tuhan Untuk Kita, Keberagaman dan Keutamaan Amal Pada Bulan Haram; Meraih Ramadhan Terbaik: Seputar Hukum, Persiapan dan Amaliah Ramadan; Mempertemukan Dua Mazhab; Tafsir Al-Attas: Tafsir al-Imam al-Habib ‘Ali ibn Hasan Al-Attas fima> warada fi> Al-Qirt}a>s”; Tafsir Al-Haddad: Studi Pemikiran Tafsir atas Tema-tema Pilihan dari Kitab al-Nashoih al-Diniyyah”; Khotbah Jum’at Para Habib: Materi Khobah Setahun, Mendaras Seruan Langit (Seri Fikih Praktis), Kota Al-Quran: Studi Kota dari Perspektif Tafsir Interdisiplin (Bandung, 2021)

Pandangan keagamaan: Mazhab Syafi’iah; Asy’ariyyah; Tarekat al-Alawiyah.

Riwayat Pendidikan

Studi Doktoral pada Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah konsentrasi Ilmu Tafsir