Perintah Shalat Sebelum Nabi Muhamamd Saw

QNA

Tanya:
Perintah shalat itu ada sejak kapan dan bagaimanakah bentuk shalat di zaman sebelum Nabi Muhammad Saw? Bukankah bacaan shalat yang kita kenal sekarang berasal dari al-Quran, sementara al-Quran baru diturunkan kepada Rasulullah?

Jawab:
Memang Nabi Muhammad Saw melalui perjalanan Isra’ Mi’raj-nya diwajibkan untuk melaksanakan shalat lima waktu. Namun bukan berarti nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad Saw tidak melaksanakan shalat. Seperti yang tertulis pada QS Ibrahimm ayat 40, yaitu: “Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap melaksanakan shalat; Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Ibrahim as pun melakukan shalat. Begitu pula kisah mengenai shalat Nabi Zakaria as di QS Alli Imran [3]: 39 dan Nabi Musa as di QS Yunus [10]: 87.

Dari berbagai ayat di atas, perlu kita ketahui bahwa ibadah shalat memang sudah ada sejak dulu. Hanya, tata caranya saja yang berbeda. Kita tidak mengetahui dengan pasti bagaimana tata cara shalat nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad Saw, dalam riwayat dikatakan bahwa Nabi melakukan shalat dua kali dalam sehari, sehari semalam. Shalat lima waktu baru diwajibkan ketika Nabi Isra dan Mi’raj. Wallahu A’lam.

Pusat Studi Al-Quran