Doa agar Terhindar dari Rasa Kesepian

QNA

Tanya:
Bagaimanakah pengaturan Shalat Dhuha yang benar; 2 rakaat, 4 rakaat. atau 6 rakaat?
Saya memiliki anak-anak yang sudah besar dan sering merasa kesepian pada saat anak-anak sudah berangkat sekolah. Apakah ada doa untuk terhindar dari rasa kesepian, Pak?
Dan apakah ada batasan waktu untuk Shalat Dhuha, mulai dari jam berapa sampai jam berapa?


Jawab:
Shalat Dhuha sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya menurut mayoritas ulama dua belas rakaat. Waktunya bermula dari kenaikan matahari sepenggalahan di mana ketika itu biasanya kehangatan matahari mulai terasa, sedang akhir waktunya adalah dengan tergelincirnya matahari atau beberapa saat sebelum Zuhur.

Kesepian dihalau dengan kegiatan positif. Bukan hanya dengan shalat dan zikir, antara lain seperti membaca buku-buku bermanfaat, berolahraga, bersilaturrahim, berdiskusi dengan teman, dan lain-lain.

Nabi saw. mengajarkan doa yang bunyinya:
Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.
[Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keresahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari rasa takut dan kikir, dan dari lilitan utang dan penindasan manusia]. Amin.

Demikian, wallahu a’lam.

[M. Quraish Shihab, Dewan Pakar Pusat Studi Al-Quran]