Puasa Bagi Penderita Sakit Maag dan Asam Lambung

Cariustadz.id, – Bulan Ramadan adalah bulan ketika seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Kewajiban ini tentunya diperuntukkan bagi setiap muslim yang memenuhi syarat puasa. Kemudian bagaimana kewajiban puasa bagi seorang yang menderita sakit maag atau asam lambung?

Dalam program “Ruang Tengah” yang ditayangkan di channel youtube Cari Ustadz, ketika ditanya perihal ini Ustadzah Izza Farhatin Ilmi menjelaskan bahwa salah satu syarat wajib puasa adalah sehat jasmani dan kedua mampu untuk melakukan puasa.

“Ketika syarat ini gugur, Otomatis kewajiban itu gugur. Kewajiban gugur ini bukan berarti kemudian dia sama sekali meninggalkan secara total puasa itu, tetapi di lain waktu dia harus meng-qodho, menggantinya,” kata Izzah menerangkan.

Wajib atau tidaknya seorang penderita maag berpuasa, menurut Izzah, adalah kembali lagi kepada keputusan dokter. “Pada prinsipnya dalam al-Quran itu Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa bahwa Allah itu tidak akan memberikan beban kepada hamba-Nya sesuai dengan kemampuannya,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjutnya, Allah juga menghendaki kemudahan bagi hamba-hamba-Nya, Yuriidullaahu bikumul yusro wa laa yuriidu bikumul ‘usr. Bila maag ini dirasa memberatkan untuk seseorang puasa, maka dia boleh tidak puasa dan menggantinya di hari lain. Akan tetapi selama seorang penderita maag masih merasa mampu dan kata dokter ini maag-nya biasa saja, maka dia tetap wajib puasa.

Penyebab Maag dan Asam Lambung

Dokter ahli gizi yang juga turut diundang dalam program Ruang Tengah, dokter Ade Erni dari Halodoc, ketika ditanya soal penyebab maag, menjelaskan bahwa penyakit maag bisa timbul disebabkan salah satunya oleh pola makan.

“Makan terlalu banyak dalam jangka waktu yang singkat baik jumlah jenisnya, frekuensi makan atau jam makannya itu tidak teratur, jumlahnya berlebihan, kemudian stress, dan merokok, semua ini dapat menyebabkan maag atau asam lambung,” terang Ade.

Kemudian dalam kondisi sedang berpuasa, seorang penderita asam lambung, sakitnya kambuh. Apa yang perlu dilakukan?

Menurut dokter ade, kalau misalnya ternyata sudah tidak tertahankan sekali. menyebabkan nanti efek negatif misalnya dia muntah, maka sebaiknya berbuka. bukalah dengan volume yang kecil dulu, misalnya teh manis atau apa yang hangat.

Oleh karena itu, tips berpuasa bagi penderita maag adalah tetap dengan pola makan pada saat sahur dan buka puasa dengan pola makan yang baik dan konsisten memakan obat-obatan yang diberikan oleh dokter.