Menjaga Imunitas Saat Puasa

Cariustadz.id, – Kasus covid-19 di Indonesia hingga kini, telah terdeteksi sekitar 1,42 juta kasus, dengan angka kesembuhan mencapai 1,24 juta orang, dan jumlah kematian lebih dari 38 ribu orang. Meskipun vaksin corona telah mulai digunakan, tetapi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh adalah suatu keharusan.

Dalam keadaan puasa bisa dikatakan seseorang tidak mendapat asupan makanan dan minuman di siang hari. Lalu bagaimana Islam mengatur soal menjaga kesehatan selama puasa?

Menurut Ali Nurdin dalam program “Ruang Tengah” di channel Cariustadz, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan selama puasa kaitannya dengan anjuran Islam untuk menjaga imunitas.

Pertama, dalam al-Quran umat Muslim tidak hanya diperintahkan makan dan minum yang halal saja, tetapi juga harus thayyib (bermanfaat untuk tubuh).

Kedua, dalam ibadah puasa Rasulullah saw sendiri memerintahkan untuk mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka. Ini berarti, menurut Ali Nurdin, Islam sangat concern bahwa menjalankan ibadah tetap disertai dengan menjaga kesehatan, menjaga imunitas tubuh.

Ketiga, al-Quran memerintahkan bahwa bagi orang yang sakit dan perjalanan jauh, boleh untuk tidak berpuasa dan menggantinya di hari yang lain. Artinya, Islam mengajarkan kesehatan dan menjaga imunitas tubuh adalah yang terpenting. Bila seseorang sakit, maka boleh tidak puasa.

Tips Menjaga Imunitas saat Puasa

Selain Ali Nurdin, program “Ruang Tengah” Cari Ustadz juga menghadirkan dr. Alfi Aulia Rachman dari halodoc. Ketika ditanya soal menjaga imunitas saat puasa, ia menjelaskan bahwa setidaknya ada empat tips yang bisa dilakukan selama berpuasa di bulan Ramadan.

Pertama, jangan skip sahur dan segerakan berbuka. Skip sahur dan menunda buka bisa menyebabkan asam lambung naik. Ini tidak diperkenankan karena dapat menimbulkan sakit maag dan semacamnya.

Kedua, konsumsi makanan bergizi seimbang. Makanan bergizi seimbang ini wajib. Makanan yang dikonsumsi misalnya harus mengandung protein. Protein dipercaya dapat menahan kenyang lebih lama, jadi kalau kita banyak mengkonsumsi serat dan juga protein tentunya kenyang kita akan lebih lama. Protein ada di ikan, daging ayam tanpa kulit, kemudian putih telur rebus itu juga baik, susu kedelai atau susu apapun yang mengandung protein, kacang-kacangan dan jangan lupa buah. Karena buah itu mengandung antioksidan dan mineral dan vitamin itu juga penting, yang ketiga adalah air putih, ini juga sering disepelekan ini, jadi kita harus mengkonsumsi, kita aja yang enggak puasa

Ketiga, minum cukup minimal 8 gelas per hari. Ada aturan rumus 2-4-2 saat berpuasa yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas sebelum tidur.

Keempat, olahraga. Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. kita harus pintar-pintar memilih olahraga yang baik saat berpuasa, tentunya yang ringan. Misalnya yang biasanya lari di GBK, bisa switch ke jalan santai, saat menjelang buka puasa.