Rubiyanah Jalil, MA.

Foto_Ustadzah_Rubiyanah Jalil, MA._cariustadz.id

Kontak

Cocok dengan ustadz ini?

Tekan tombol di bawah untuk kontak beliau.

Dr. Rubiyanah, MA, lahir di Jakarta pada tanggal 22 Agustus 1973. menyelesaikan Jenjang pendidikan S1 di Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus pada tahun 1997, kemudian melanjutkan pendidikan Magister (S2), lulus tahun 2005 dan Program Doktoral (S3) di Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2019.
Dosen Tetap di Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta ini, mengampu Matakuliah Keilmuan Dakwah, seperti Sejarah Dakwah, Ilmu Dakwah, serta Retorika/Ilmu Khitobah dan Psikologi Komunikasi dan Tabligh. Sebagai seorang dosen, penulis kerap melakukan penelitian sebagai bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Di antara tema penelitiannya adalah Peran Ulama dalam Menjaga Toleransi Beragama di Kota Tangerang Selatan dan Depok, Evaluasi Penerapan Kurikulum Dokter Muslim di Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (anggota, 2018) serta Analisis Penggunaan Hadis Fadhail al-A’mal dalam Dakwah. Penulis juga pernah bergabung menjadi narasumber pada kegiatan Kunjungan kepada Keluarga Napiter IPP II, Pusat Riset Ilmu Kepolisian (PRIK-T) Universitas Indonesia (UI) (2015-2017) dan DASPR UI (2018).
Karya berbentuk buku yang telah diterbitkan adalah, “Pengantar Ilmu dakwah” (Lemlit UIN, 2010) “Peran Perempuan dalam Hijrah Nabi Muhammad SAW dalam “Perempuan dan Hari-Hari Besar Islam, (PPIM dan British Council 2012), “Rejuvenasi Dakwah” (Dakwah Press, 2019) dan “Dakwah Berbasis Kemanuasiaan: Studi Terhadap Aksi Kemanusiaan Organisasi MER-C di Gaza dan Lombok” (Pustaka Pedia). Beberapa Artikel penulis yang diterbitkan dalam jurnal, diantaranya, Tafsir Historis Pertumbuhan Tradisi Filsafat di Dunia Islam (Jurnal Refleksi, 2007), Rumah Tangga Rasulullah sebagai Role Model Dakwah (Jurnal Dakwah dan Komunikasi 2008), Problematika Masyarakat Modern dalam Kerangka Dakwah, (Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2010), Sejarah Peranan Perempuan dalam Hijrah, (Al-Turas, 2010) dan Implementasi Dakwah melalui Pendidikan Kaum Du’afa: Studi Kasus Sekolah Smart EI Dompet Du’afa (Jurnal Manajemen Dakwah 2019).
Adapun kegiatan professional dalam bidang pengabdian masyarakat dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu, Pemberdayaan Perempuan Melalui Pendidikan Agama dan Keterampilan pada Komunitas Pemulung dan Sopir Bajaj di Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan (Kemenag, 2011), Pemberdayaan Perempuan Melalui Pendidikan Agama dan Keterampilan pada Komunitas Pemulung dan Sopir Bajaj di Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan (KPPA, 2013), Tim Penilai Sertifikasi Pembimbing Haji (Kanwil Kemenag DKI), Literasi ekonomi, Kesehatan, dan Pendidikan di Kecamatan CisataKabupaten Pandeglang (LP2M, 2019) dan TIM penulis tetap Buletin Muslim Muda Indonesia (MMI) kerjasama PPIM UIN Jakarta dengan The Political Literacy Institute.
Saat ini penulis menjabat sebagai Dewan pakar pada Asosiasi Komunikasi Penyiaran Islam (ASKOPIS) Indonesia, pengurus Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah (P3ID) FDK UIN Jakarta, anggota Asosiasi Persatuan Dakwah Indonesia (APDI) dan anggota pada platform cariustadz.id. Penulis juga aktif sebagai penceramah (dai) sekaligus narasumber tetap pada beberapa Majelis Taklim di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang dan Depok, dan kerap memberikan ceramah agama pada kegiatan hari-hari besar keagamaan dan lain-lain.

Karir/Organisasi

1. Asosiasi Komunikasi Penyiaran Islam (ASKOPIS) 2. Asosiasi Profesi Dai Indonesia (APDI) 3. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah (P3ID)

Karya

1. Buku: Pengantar Ilmu Dakwah 2. Artikel Jurnal: a. Rumah Tangga Rasulullah sebagai Role Model Dakwah b. Problematika Masyarakat Modern dalam Kerangka Dakwah c. Sejarah Peranan Perempuan dalam Hijrah Rasulullah SAW

Riwayat Pendidikan

  • IAIN Jakarta ( S1 ) - Fakultas Dakwah
  • UIN Jakarta ( S2 ) - Pengkajian Islam