Home Ustadz Kami Muhammad Hidayatullah, Lc., S.Ag., C.STMI
Foto_Ustadz_Muhammad Hidayatullah, Lc_cariustadz.id

Muhammad Hidayatullah, Lc., S.Ag., C.STMI

Tafsir, Hadis, Fikih, Sirah, Hukum Keluarga, Akhlak/Tasawuf, Aqidah, Pendidikan Islam, Ulumul Qur'an, Keilmuan Bahasa Arab, Motivasi, Bahasa Arab


7 orang telah mengontak Ustadz
Telah 7 kali membalas pesan Ummat
Kota Asal: Bonjol Pasaman

Profil Ustadz

Ust. Muhammad Hidayatullah, Lc., S.Ag., C.STMI lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat pada tanggal 12 September 1995. Beliau dikenal sebagai aktivis, akademisi sekaligus dai muda yang berpikir visioner dengan pemahaman keagamaan yang komprehensif, progresif, dinamis dan wasathiyyah. Ia termasuk sosok pribadi yang gigih dan konsisten serta senantiasa menjaga persatuan kebangsaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Ia seringkali diundang sebagai penceramah atau narasumber di beberapa stasiun televisi swasta seperti ANTV, TV One, INDOSIAR dan media massa lainnya pada program di antaranya Lentera Al-Qur’an, Cahaya Hati dan Damai Indonesiaku pagi.

Selain dakwah di media sosial ia juga turut aktif mengisi pengajian di berbagai majelis pengajian, mimbar khutbah keagamaan, dan Peringatan Hari Besar Islam serta menjadi narasumber di beberapa seminar dan forum diskusi ilmiah. Ia juga aktif menulis dan mengisi di media bincangsyariah.com, Islami.co, tarbiyahislamiyah.id, Nutizen, cariustadz.id, elbukhari institute, SindoNews, dll. 

Dalam perjalanan dakwahnya, Ustadz Muhammad Hidayatullah mendapat amanah tugas dari Kementerian Agama (Kemenag) Rebuplik Indonesia Pusat sebagai Dai untuk Wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan) Tahun 2023. Bahkan, ia juga telah berdakwah hingga ke Negara Singapura atas undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura pada tahun 2023 dalam rangka menjadi Imam dan Khatib di Masjid KBRI Singapura sekaligus membina mental dan spiritual keagamaan Tenaga Kerja Wanita (TKW) beserta para pejabat dan masyarakat Indonesia lainnya disana.

Diantara karya-karya tulisnya adalah: Konsep Azab dalam al-Qur'an (Kajian Semantik Toshihiko Izutsu), dan Ahadis Shighar al-A`yun (Takhrij wa Dirasah).

Pria kelahiran 1995 ini telah memulai belajar agama sejak dini kepada ayah kandungnya (Buya Marinas) hingga kemudian melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI) Koto Tuo Kumpulan  Pasaman (2010) dan Ponpes MTI Canduang Agam, Sumatera Barat (2014). Tidak hanya sampai disitu, ia kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir dengan meraih gelar "S.Ag", dan juga mengambil S1 di Darussunnah International Institute for Hadith Sciences pada jurusan Ilmu Hadis (2018) di bawah asuhan seorang ulama besar dalam bidang fiqh dan ilmu hadis bernama (alm) Syekh Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, Lc., MA hingga akhirnya meraih gelar "Lc". Saat ini ustadz Muhammad Hidayatullah sedang menyelesaikan studi S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada jurusan Magister Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

Ust. Muhammad Hidayatullah juga tercatat sebagai alumni Pendidikan Kader Muballigh Koordinasi Dakwah Islam (KODI) Prov. DKI Jakarta (2020); alumni Sekolah Dai Pemberdaya CORDOFA Dompet Dhuafa Pusat tahun 2022, sekaligus ia terpilih sebagai Dai Rusunawa Prov. DKI Jakarta tahun 2022. Tidak hanya itu, pria berdarah Minang ini juga tercatat telah mengikuti Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prov. DKI Jakarta angkatan XVII selama enam bulan; serta telah menyelesaikan pendidikan non formal pada bidang Trainer & Motivator melalui lembaga resmi dengan meraih gelar "C.STMI".    

Selain aktif di dunia pendidikan dan dakwah, ia turut berkecimpung di dunia kepemimpinan dan organisasi sosial masyarakat. Hal ini terlihat dari berbagai organisasi, lembaga serta komunitas yang ia inisiasi dan geluti.

Diantara prestasi organisasi, lembaga dan komunitas yang pernah diraih sebagai berikut: Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Kesatuan Mahasiswa Tarbiyah Islamiyah (KMTI) masa khidmat 2022-2025, Pengurus Pusat Syiar Dai Indonesia periode 2022-2027, Pengurus Pusat PERTI bidang Pemuda dan Olahraga periode 2023-2027, Ketua Umum IMTI Jabodetabek tahun 2019, Wakil Ketua Umum Pusat Santri Mendunia Internasional (2020), Ketua panitia pelaksana ASEAN Youth Interfaith Camp 2019 (AYIC 2019) yang diselenggarakan oleh KEMENPORA RI, Ketua departemen pendidikan dan pelatihan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kepemudaan Indonesia (LP2KI), Ketua bidang kemahasiswaan DEMA FU UIN JAKARTA, Pengurus IKKP Jabodetabek, KMM Ciputat (bidang penelitian dan pengembangan), Pendiri Millennial Global School (MGS), AMR Jabodetabek, Ikatan Mahasantri Darussunnah (IMDAR), Riset dan Kajian Rasionalika, ormas Islam Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI), Forum Pemuda Lintas Agama Indonesia (FPLAI), Koordinasi Dakwah Islam (KODI) Prov. DKI Jakarta, Forum Silaturrahim Dai Muda Indonesia (FORSIDA), Forum Minangkabau, Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, dan forum-forum lainnya.

Riwayat Pendidikan

  • ( Pondok Pesantren ) -

Karir/Organisasi

  1. Dai Internasional KBRI Singapura ( 2023 )
  2. Dai 3T Kemenag RI Pusat ( 2023 )
  3. Ketua Umum PB KMTI ( 2022-2025 )
  4. Ketua Umum IMTI Jabodetabek ( 2019 )
  5. Ketua Panitia ASEAN Youth Interfaith Camp ( 2019 )
  6. Wakil Ketua Umum Santri Mendunia Internasional ( 2020 )
  7. Pengurus Pusat ormas Islam PERTI ( Bidang Pemuda dan Olahraga/2023-2027 )
  8. Pengurus Pusat Syiar Dai Indonesia ( 2022-2027 )
  9. Dai Pembina Rusunawa KODI Prov. DKI Jakarta ( 2022 )
  10. Ketua Diklat Lembaga Pelatihan Pengembangan Kepemudaan Indonesia ( 2019 )
  11. Dai Cordofa Pemberdaya Dompet Dhuafa ( 2022 )
  12. DEMA FU UIN Jakarta ( Ketua Kemahasiswaan /2016 )
  13. Riset dan Kajian Rasionalika ( )
  14. Forum Pemuda Lintas Agama Indonesia ( Pengurus )
  15. Forum Minangkabau ( )
  16. Perkumpulan Gerakan Kebangsaan ( )
  17. Koordinasi Dakwah Islam (KODI) Prov. DKI Jakarta ( )
  18. Millennial Global School ( )
  19. IKKP Jabodetabek ( )
  20. IMDAR Darus-Sunnah ( )
  21. Forum Silaturrahim Dai Muda Indonesia  ( )
  22. AMR Jabodetabek ( )
  23. KMM Ciputat ( )