Home Ustadz Kami Hilman Fauzi, S.E.I., M.ESy
Foto_Ustadz_Dr. Hilman Fauzi, M.ESy_cariustadz.id

Hilman Fauzi, S.E.I., M.ESy

Aqidah, Tafsir, Fiqih


28 orang telah mengontak ustadz
Kota Asal: Tangerang Selatan

Profil Ustadz

USTADZ HILMAN FAUZI.,S.E.I.,M.E.Sy

 

Lahir di Desa Tegalpanjang, Kec. Sucinaraja, Kabupaten Garut - Jawa Barat, pada tanggal 04 Juli 1990. Saat ini ia dikenal sebagai seorang Dai Muda Millenial dengan penyampaian dakwah yang khas sehingga menjadikkanya sebagai salah seorang The Rising Star di Dunia Dakwah saat ini. Sebagai seorang Muballigh muda, Ia mampu menghadirkan penyampaian dakwah secara santun, ringan dan segar sehingga membuat pesan dakwahnya dapat diterima oleh berbagai kalangan. Selain itu, saat ini ia juga dikenal sebagai seorang Trainer dan Motivator pada bidang Spiritual Values Improvement, yaitu bidang pelatihan motivasi untuk bisa memberikan pengaruh positif dalam peningkatan kinerja sebuah perusahaan melalui optimalisasi dan impelementasi nilai-nilai spiritual.

 

PENDIDIKAN

Pendidkan agamanya sudah didapat sejak sekolah dasar yaitu di Pesantren Nurul Islam Persatuan Islam Garut. Setelah itu, ia melanjutkan Pendidikan menengah pertama & atasnya di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut dan lulus mendapat penghargaan sebagai santri teladan. Pada saat di Pesantren, Ia juga pernah terpilih menjadi delegasi Indonesia untuk program exchange student ke Amerika dan Jepang  dari AFS Foundation.

 

Setelah selesai masa pendidikan di Pesantren dan kegiatan pertukaran pelajarnya, Ia sempat mendapatkan beasiswa untuk melanjuntukan pendidikan tingginya pada program Islamic Call College di Libya, namun pendidikannya tidak sampai kesana karena atas permintaan sang ibunda tercinta dan adanya konflik di negara tersebut. Pada akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan gelar Sarjana (S1 Sarjana Ekonomi Islam) dan Master (S2 Master Ekonomi Syariah) dari Tazkia University College of Islamic Economics (kampus Ekonomi Islam pertama di Indonesia) dan lulus dengan predikat summa cumlaude serta mendapatkan perhargaan Sebagai The Overall Best Graduated (Wisudawan Terbaik). Di Tahun 2015 dirinya pernah mendapatkan beasiswa dari Khazanah Foundation untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia, hanya tidak dilanjutkan karena kesibukannya dalam berdakwah. Saat ini dirinya sedang menempuh pendidikan Doktor (S3) Bidang Ilmu Ekonomi Syariah di salahsatu universitas yang ada di Jakarta.

 

Selain pendidikan formal yang ditempuh olehnya, Kiprah dakwah yang beliau lakukan tidak bisa dilepaskan dari para mentor dan guru yang banyak mendukung dan memberikan nasehat kepadanya. Ia mendapatkan bekal ilmu dari ulama-ulama yang senantiasa menguatkannya untuk terus istiqamah dalam berdakwah. Diantaranya Ustadz HIlman Fauzi belajar langsung kepada Dr. Muhammad Syafii Antonio (Pakar Ekonomi Syariah) untuk bidang ekonomi, bisnis dan keuangan Syariah. Ustadz Hilman juga belajar dan mendalami ilmu Dakwah, Dzikir dan Muhasabah kepada KH. (alm) Muhammad Arifin Ilham (Pimpinan Majelis Azzikra), ilmu tasawuf kepada  Syeikh Muhammad Fathurahman (Pimpinan Tarekat Idrissiyah), dan kepada seniornya waktu di Pondok Pesantren yaitu Ustadz Adi Hidayat,Lc.,MA yang sangat mendukung dan menguatkannya

 

PRESTASI

Di usia yang masih muda, dirinya dikenal sebagai pribadi yang memiliki potensi di bidang public speaking khususnya dalam metode syiar atau dakwahnya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa prestasi dan penghargaan pada tingkat Nasional maupun Internasional. Antara lain Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Tingkat Nasional di Jakarta Tahun 2005, Juara 2 Pidato Bahasa Arab Tingkat Nasional di UIN Bandung 2006, Finalis Pemilihan Dai Muda ANTV dan AKSI Indosiar. Selain itu diantara Prestasi lainnya adalah terpilih menjadi The Best Performance Trainer pada acara Trainer Bootcamp & Contest (TBnC) yang diadakan oleh Akademi Trainer dibawah bimbingan Jamil Azzaini.

 

Dengan modal pendidikan, prestasi dan potensi itulah maka saat ini dirinya sangat aktif berdakwah mengisi tausyiah, kajian dan inspirasi keislaman di berbagai lokasi, nasional bahkan internasional. Dirinya pernah mendapatkan kesempatan berdakwah di Amerika dan Kanada selama 2 tahun berturut-turut dalam program Safari Dakwah Bersama ICMI dan Dompet Dhuafa. Selain itu Aktivitas dakwahnya bisa dirasakan di beberapa tempat dari mulai perkantoran sampai majelis taklim di masjid-masjid yang ada di Jabodetabek. Wajahnya juga sering hadir di beberapa program religi di televisi seperti Serambi Islami TVRI, Siraman Qolbu MNC TV, Risalah Ilmu MNC Muslim, Cahaya Hati INEWS TV, dan program religi lainnya.

 

Aktivitasnya dalam berdakwah tidak mengurangi kesibukannya juga di bidang pengembangan diri dan sosial kemasyarakatan. Saat ini, Ustadz Hilman Fauzi diamanahi sebagai dosen Agama Islam dan Ekonomi Islam di Universitas Gunadarma dan Institut Tazkia. Ia juga tercatat sebagai dewan asatidz di Masjid Azzikra & Masjid Andalusia Sentul, Dewan Pembina Komunitas TEMAN HIJRAH dan Hijrah Finansial, Pembimbing Haji & Umrah di ADzikra Travel, dan Dewan Pembina Pondok Pesantren Qur’an dan Dakwah Alkarim Rasyid Indonesia yang berlokasi di Propinsi Lampung.

 

Beberapa karyanya telah dibuat dalam beberapa buku antara lain buku yang berjudul “MUHAMMAD saw MUDA”, ‘TERNYATA SYURGA ITU DEKAT dan ada beberapa buku lainnya yang akan diterbitkan dalam waktu dekat. Untuk bersilaturahim dengan Ustadz Hilman Fauzi bisa langsung menghubunginya di email daihilmanfauzi@gmail.com atau berkunjung ke halaman-halaman sosial medianya antara lain : Facebook Ustadz Hilman Fauzi atau Instagram/Twitter/Youtube : @AHILMANFAUZI

 

 

Riwayat Pendidikan

Karir/Organisasi