Halim Miftahul Khoiri, MA

Foto_Ustadz_Halim Miftahul Khoiri, MA_cariustadz.id

Kontak

Cocok dengan ustadz ini?

Tekan tombol di bawah untuk kontak beliau.

Halim M. Khoiri adalah sarjana asal Tulungagung, Jawa Timur. Dia menimba ilmu keislaman di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran, al-Hikmah, Kediri, Jawa Timur, selama tujuh tahun di bawah asuhan KH. Abdunnashir dan KH. Nasrul Islam. Selama di pesantren NU ini, di samping belajar formal di MTs dan MA Al-Hikmah, dia juga mengkaji berbagai disiplin keilmuan Islam di madrasah diniyyah seperti Nahwu dan Saraf, Ilmu al-Quran, Tafsir, Ilmu Hadis, Fiqih, Akhlaq, Mantiq dan Tasawwuf. Berkat cintanya kepada Bahasa Arab, dia memenangkan beberapa lomba membaca kitab kuning dan pidato Bahasa Arab level kabupaten dan provinsi. Dia juga pernah mewakili Kota Tulungagung dalam perhelatan MTQ Jawa Timur di Jember 2009 dan mendapatkan level runner up dalam cabang lomba Cerdas Cermat al-Quran (Musabaqah Fahmil Quran) level provinsi.

Seusainya, dia menempuh pendidikan S1 di Universitas Paramadina, jurusan Falsafah dan Agama dengan beasiswa penuh dari Paramadina Fellowship. Aktif di berbagai kegiatan kampus, termasuk memimpin Dewan Keluarga Masjid Paramadina 2012-13, dia juga kerap diundang mengikuti konferensi dan pertukaran pelajar dalam level nasional dan internasional seperti di Malaysia, New Zealand dan Jerman. Selain kegiatan belajar dan organisasi di kampus, dia juga mempelajari teks-teks kitab kuning gundul tafsir, mantiq, tasawwuf falsafi dan falsafah Islam di Yayasan Paramadina di bawah bimbingan KH. Muhammad Baqir. Ditunjuk menjadi valedictorian dalam proses wisudanya, S1-nya diraih dengan predikat Summa Cum Laude dan penghargaan sebagai lulusan terbaik di jurusan Falsafah dan Agama, Universitas Paramadina.

Latar belakang akademik tersebut, disertai dengan kemampuan Bahasa Inggris dan pengalaman organisasi mengantarkannya pada beasiswa penuh S2 luar negeri oleh LPDP (Indonesia Endowment Fund for Education). Dia menempuh program Master dengan konsentrasi Islamic Studies di George Washington University, Washington DC, Amerika Serikat. Proyek kajian dan penelitiannya dilakukan di bawah bimbingan salah satu intelektual Muslim paling berpengaruh di dunia, Prof. Dr. Seyyed Hossein Nasr. Selama di Washington DC, dia menjadi asisten dosen dan peneliti untuk Dr. Nasr dan dia banyak berbincang dan bertukar pikiran dengan beliau baik di kampus maupun di warung kopi. Bagi Halim, Dr. Nasr sudah seperti ayah serta teman dekatnya sendiri. Fokus penelitiannya selama menjalani program Master ini adalah Tasawwuf, Falsafah Islam, Perbandingan Agama serta Seni dan Arsitektur Islam. Dia menyelesaikan program masternya dengan predikat Summa Cum Laude disertai dengan penghargaan anggota permanen Theta Alpha Kappa, penghargaan nasional Amerika untuk akademisi teologi dan kajian keagamaan.

Saat ini, dia aktif di Pusat Studi Al-Quran sebagai Konsultan Peneliti Senior. Dia juga aktif sebagai Konsultan Pendidikan dan Analis Kebijakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan misi mempromosikan dialog antar agama dan kepercayaan dalam skala nasional melalui Profil Pelajar Pancasila, kurikulum Pendidikan Agama Islam dan beberapa kebijakan. Selain itu, dia sedang menulis beberapa karya termasuk terjemahan The Study Quran oleh Seyyed Hossein Nasr dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di bawah bimbingan KH. Muhammad Baqir. Di bawah arahan beliau juga, Halim mendalami beberapa teks klasik falsafah dan tasawwuf seperti al-Ishārāt wa al-Tanbīhāt karya Ibn Sīnā, Bidāyah al-Hikmah karya al-Tabātabāʾi, dan Fusūs al-Hikam karya Ibn ʿArabī.